Trump: Deal dengan Korea Utara ‘Kemajuan Besar’

Presiden AS Donald Trump percaya bahwa dia mampu mencapai kesepakatan dengan Korea Utara yang akan menjadi “yang sangat baik untuk dunia,” katanya, setelah menyetujui pembicaraan dengan Pyongyang setelah undangan Kim Jong-un untuk sebuah pertemuan.
 
“Kesepakatan dengan Korea Utara adalah kemajuan sangat besar dan akan, jika selesai, sangat bagus untuk Dunia,” Trump men-tweet pada hari Jumat (9/3) malam, menambahkan bahwa waktu dan tempat pertemuan yang direncanakan masih harus ditentukan..

Trump setuju untuk mengadakan diskusi dengan Korea Utara, yang perkiraan sementara pada bulan Mei, setelah delegasi Korea Selatan, yang bertemu dengan Kim pada hari Senin (5/3), menyampaikan undangan pribadinya untuk pembicaraan dengan presiden AS.

Namun, sebelum kesepakatan apapun dapat dicapai antara musuh atau sanksi dapat diangkat, Washington akan meminta Pyongyang untuk mengambil “langkah nyata dan dapat diverifikasi” terhadap denuklirisasi semenanjung.

“Pertemuan ini tidak akan berlangsung tanpa tindakan nyata yang sesuai dengan janji yang telah dibuat oleh Korea Utara,” kata sekretaris pers Gedung Putih Sarah Sanders, Jumat (9/3).

Mengumumkan terobosan monumental dalam kebuntuan Korea di Gedung Putih pada hari Kamis (8/3), Penasihat Keamanan Nasional Korea Selatan Chung Eui-yong mencatat bahwa Kim Jong-un “berkomitmen untuk melakukan denuklirisasi,” dan telah “berjanji” untuk tidak membuat nuklir atau rudal dan tes lagi sampai pembicaraan dengan Trump berlangsung.

Anehnya, menurut pejabat tersebut, Kim juga menunjukkan ‘pengertian’ terhadap latihan AS-Korea Selatan, yang telah banyak berkontribusi pada ketegangan yang sedang berlangsung di wilayah ini.

 
sumber – IslamTimes
%d bloggers like this: