Berdasarkan instruksi dari panglima angkatan bersenjata dan di bawah pengawasan Komando Operasi Gabungan, jet Irak melakukan serangan udara sukses di Suriah berdasarkan informasi dari Kementerian Dalam Negeri. Serangan itu menargetkan satuan tugas ISIS dan menghancurkannya sepenuhnya. Beberapa dari mereka tewas”,

Pesawat tempur Irak menembaki elemen-elemen Takfiri ISIS di wilayah Suriah, kata Pusat Keamanan Keamanan Kementerian Dalam Negeri Irak pada Kamis, 16/08/18. Serangan itu dimaksudkan untuk mencegah operasi bom bunuh ISIS menggunakan sabuk peledak yang terjadi di Irak dalam beberapa pekan.

“Berdasarkan instruksi dari panglima angkatan bersenjata dan di bawah pengawasan Komando Operasi Gabungan, jet Irak melakukan serangan udara sukses di Suriah berdasarkan informasi dari Kementerian Dalam Negeri. Serangan itu menargetkan satuan tugas ISIS dan menghancurkannya sepenuhnya. Beberapa dari mereka tewas”, tegasnya.

Elemen-elemen ISIS yang tewas itu, menurut pernyataan, tengah merencanakan operasi teroris di Irak untuk beberapa hari mendatang.

Bulan lalu, seorang pemimpin ISIS, bersama dengan beberapa elemen lainnya, dilaporkan tewas ketika tiga rumah mereka dihancurkan oleh pasukan Irak di Suriah.

Pesawat tempur Irak itu juga meluncurkan gelombang serangan udara terhadap pos-pos dari kelompok ISIS di Suriah.

Pada bulan April lalu, Perdana Menteri Haidar al-Abadi menolak untuk campur tangan dalam urusan Suriah dan mengatakan serangan udara terhadap ISIS akan terus berlanjut.

Irak sebelumnya mengumumkan serangan udara terhadap lokasi ISIS di Suriah. Ini terjadi setelah Abadi mengatakan pasukan keamanan akan mengikuti elemen-elemen ISIS di seluruh wilayah, tidak hanya di Irak.

Perbatasan Irak-Suriah berada di bawah kendali pasukan gabungan militer dan penjaga perbatasan.

IT