Menurut Israel, Syiah jauh Menakutkan Dari pada Sunni

Jerusalem Post menganalisa keresahan Israel atas kemajuan keilmuan dan sains dunia Syiah dan Iran. Menurut surat kabar tersebut, masalah ini (kemajuan keilmuan dunia Syiah dan Iran) jauh menakutkan dari pada dunia muslim secara umum.

Di awal analisa, Jerusalem Post menggunakan klaim sepihaknya bahwa Iran sedang mengembangkan senjata dan rudal di Lebanon sebagai kata pengantar. “Semakin dekatnya Iran ke perbatasan Israel memiliki dampak buruk bagi ekonomi dan militer Israel,” jelasnya.

“Pemikiran Syiah memiliki satu sisi yang lebih berbahaya bagi Israel daripada Ahlu Sunnah,” tambahnya. Menurutnya, koalisi Iran-Suriah dan Lebanon beserta Rusia adalah sebuah kekuatan militer yang hebat. Tak hanya itu, semua hal dalam pembelaan negara berada dalam dasar ajaran Syiah.

“Ahlu Sunnah petanya sedang merosot dibanding dahulu dan sekarang mereka memcoba untuk kembali. Syiah adalah masa depan, sedangkan yang dahulu sebagai tangga menuju kemajuan dan lebih bisa diterima,” jelasnya dalam menganalisa sisi keistimewaan Syiah.

Dunia Syiah memiliki pengaruh di ranah sains dan keilmuan dalam peradaban Islam, lanjutnya, sedangkan ilmu dan sains tidak memiliki satu kedudukan tertentu dalam dunia Ahlu Sunnah. Bahkan budaya keilmuan dan falsafah non-Islam sudah menjadi kurikulum pelajaran di dunia Syiah.

“Hal ini adalah bukti bagaimana kemajuan keilmuan di Iran dan bagaimana kemunduran di dunia Arab dan Ahlu Sunnah. Bagaimana Teheran memiliki satu pusat penelitian modern, canggih, produk militer dan program nuklir yang berdiri sendiri,” tambahnya.

Jenderal militer Israel, Yair Golan berpendapat bahwa Iran saat ini telah memiliki satu tatanan kemasyarakatan yang sangat tinggi dalam peradaban dengan melihat susunan ilmuan dan pondasi sosial keilmuan. “Karena Iran sangat-sangat menyerupai kita, maka Teheran lebih menakutkan dan sangat mengancam,” tambahnya.

Saat ini Israel bersandar pada kekuatan militer untuk menghalang Iran di Suriah, bahkan nantinya, kemungkinan kebutuhan pada langkah militer akan lebih terasa.

Diakhir, Jerusalem Post menjelaskan bahwa Israel saat ini berada di dua tebing yang mencekam. Jika mereka mengambil langkah militer dan aktif, (maka) Israel akan memikul kerugian yang sangat berat. Tapi, langkah pasif juga akan berakibat lebih buruk lagi.

sumber – JPost

%d bloggers like this: