Laporan: Al-Waleed Bin Talal Serahkan Sebagian Besar Kekayaan ke Otoritas Saudi untuk Pembebasannya

RIYADH, ARAB SAUDI  – Miliarder Saudi terkemuka Pangeran Alwaleed Bin Talal melepaskan sebagian besar kekayaannya, termasuk sahamnya di Kingdom Holding, sebagai pengganti kebebasannya, lapor majalah Forbes AS.

Majalah tersebut mengutip seorang sumber yang mengetahui kesepakatan penyelesaian antara sang Pangeran dan pihak berwenang Saudi yang mengatakan bahwa Pangeran Alwaleed hampir melepaskan hampir semua asetnya dan kemungkinan akan diberi uang saku.

Sumber tersebut mengklaim bahwa jika Alwaleed memutuskan untuk bepergian ke luar negeri, dia akan didampingi oleh seseorang yang dipilih oleh pemerintah Saudi dan bahwa jika dia meninggalkan negara tersebut dan tidak kembali ke Arab Saudi, pemerintah akan memberikan tuntutan dan mengekstradisi dia.

Forbes mengatakan juru bicara pangeran tersebut telah menolak untuk mengomentari laporan tersebut, sementara seorang juru bicara kedutaan besar Saudi di Amerika Serikat mengatakan bahwa kedutaan tersebut tidak memiliki informasi mengenai individu tertentu karena undang-undang privasi Saudi.

Bagian terbesar dari kekayaan Alwaleed senilai $ 17,4 miliar terletak pada Kingdom Holding yang menyumbang 95 persen dari kekayaannya. Kingdom Holdings memiliki saham di banyak perusahaan termasuk Twitter, Lyft dan Citigroup.

Majalah AS tersebut menjelaskan bahwa tidak jelas apakah pemerintah Saudi akan mengambil langkah untuk secara resmi mengubah kepemilikan Kingdom Holding, menambahkan bahwa Pasar Saham Saudi masih mencantumkan Alwaleed sebagai pemegang saham 95 persen di perusahaan tersebut.

Pangeran Saudi berusia 62 tahun ini juga memiliki portofolio properti yang luas di luar Riyadh.

%d bloggers like this: