Juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina Hua Chunying mengatakan pada hari Rabu (18/7)  bahwa AS telah membunuh kepercayaan pada ekonomi global dengan menjatuhkan tarif impor pada sekutu dan saingan.

“Perang perdagangan AS tidak hanya dengan China tetapi dengan seluruh dunia. Dengan menganggap seluruh dunia sebagai musuh, AS telah menyeret seluruh ekonomi global ke tempat bahaya,” kata Hua, menambahkan bahwa perang perdagangan yang didorong AS adalah “pembunuh terbesar rasa percaya diri” terhadap ekonomi global.

China dan AS telah memberlakukan tarif senilai $ 34 miliar untuk impor satu sama lain. Presiden AS Donald Trump, yang memulai sengketa perdagangan dengan mengumumkan tarif kontroversial atas impor logam pada bulan Maret, telah mengancam bahwa dia akan memperkenalkan bea masuk lebih lanjut atas impor Cina jika Beijing melanjutkan langkah-langkah pembalasannya.

Hua, bagaimanapun, mengulangi pernyataan sebelumnya bahwa China sepenuhnya siap untuk menanggapi setiap tarif baru AS, mengatakan jika Washington terus “keras kepala,” Cina dan negara-negara lain yang terpengaruh oleh kebijakan perdagangan itu tidak akan ragu untuk bereaksi.

“Jika AS terus keras kepala, negara-negara di seluruh dunia pasti akan mengeraskan tekad mereka untuk membalas,” kata pejabat China itu.

sumber – IslamTimes